Resep sambal enak dari seluruh Nusantara dan juga berbagi hal-hal menarik seputar dunia sambal dan sejarahnya.

Saturday, November 14, 2015

Resep Sambal Dabu Dabu Asli Manado

Resep sambal dabu-dabu merupakan salah satu resep sambal asli Indonesia yang berasal dari Manado Sulawesi Utara. Sambal dabu-dabu sebenarnya sangat sederhana baik pada penggunaan bahan yang minimalis dan juga cara pembuatan yang sangat simpel bahkan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja.


Manado memang merupakan salah satu daerah di Nusantara yang sangat kaya dengan keragaman kuliner terutama aneka masakan yang berbahan hasil laut. 

Sambal dabu-dabu sangat pas disajikan bersama dengan ikan bakar yang dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Menurut saya, kekutan utama sambal dabu-dabu ada pada irisan tomat dan jeruk nipis.

Irisan tomat segar akan memberi kesan segar yang melawan pedasnya cabe. Sedangkan jeruk nipis memberi aroma segar yang pas saat berpadu dengan ikan bakar.





Jenis dan Perbedaan sambal dabu dabu


Pada umumnya, masyarakat Manado mengenal empat jenis sambal dabu-dabu yaitu :
  1. Dabu-dabu lilang terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti cabe merah, tomat, bawang merah, jeruk nipis serta garam. Diantara jenis sambal dabu-dabu, jenis sambal dabu dabu lilang yang paling banyak digemari.
  2. Sambal Dabu-dabu terasi. Sesuai dengan namanya maka sambal dabu-dabu terasi menggunakan tambahan terasi. Terasi terlebih dahulu digoreng atau dibakar kemudian ditumbuk bersama cabe, yang sudah ditaruh garam. Bahan-bahan dabu-dabu lainnya juga ditumbuk. Inilah yang membedakan sambal dabu-dabu terasa dengan sambal dabu-dabu lilang. Sambal dabu-dabu terasi biasanya disajikan bersama dengan pisang , ubi dan jagung yang digoreng maupun direbus.
  3. Sambal Dabu dabu Cakalang. Sesuai dengan dengan namanya, sambal dabu-dabu ini menggunakan ikan cakalang panggang sebagai tambahannya. Cocok dihidangkan bersama dengan nasi hangat dan sayur. beberapa orang juga menggunakan sambal dabu dabu cakalang sebagai teman makan pisang, ubi maupun jagung direbus.
  4. Sambal dabu dabu roa. Hampir mirip dengan sambal dabu-dabu cakalang, sambal dabu dabu roa menggunakan ikan roa panggang. Cocok dihidangkan bersama dengan nasi hangat dan sayur. beberapa orang juga menggunakan sambal dabu dabu cakalang sebagai teman makan pisang, ubi maupun jagung direbus. 

Berikut Resep Praktis Sambal Dabu-Dabu Khas Manado

Bahan Sambal Dabu Dabu
  • 12 buah cabe merah (atau sesuaiakan dengan selera Anda)
  • 6 siung bawang merah
  • 8 lembar kemangi
  • 2 buah cabe hijau
  • 2 buah tomat (kebanyakan jenis tomat yang digunakan adalah tomat merah, tetapi Anda juga bisa saja menggunakan tomat hijau kecil yang biasanya memang untuk sambal.
  • 2 buah jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu :

  1. Campur irisan bahan-bahan tadi dengan garam dan air jeruk nipis, aduk hingga rata.
  2. Sambal dabu-dabu bisa dihidangkan terpisah dari ikan bakar atau bisa juga ditaburkan diatas ikan bakar.

Resep Sambal Dabu Dabu Asli Manado Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zoel